Fresh Care bukanlah merek
minyak aromatherapy roll on yang pertama di pasar. Namun, Fresh Care berhasil
menjadi top of mind di benak konsumen, bahkan menjadi market
leader di pasar
aromatherapy roll on. Mengapa? Sebab, Fresh Care mampu melakukan inovasi terhadap
produk maupun strategi marketing komunikasinya.
Salah satu upaya yang
dilakukan oleh Fresh Care untuk menjadi top of mind di benak konsumen adalah melakukan
perluasan merek. Pertama, dengan memperluas terlebih dahulu lini produknya.
Hasil consumer insight menunjukkan bahwa konsumen Indonesia
menyukai preferensi aroma yang beragam, sehingga mereka dapat memiliki banyak
pilihan layaknya produk parfum.
Berdasarkan insight ini, Fresh Care sadar bahwa aroma dan
kehangatan produk menjadi pertimbangan utama bagi konsumen dalam memilih produk
minyak aromatherapy. Oleh karena itu, Fresh Care hadir dengan varian aroma yang
terbanyak. Antara lain, aroma citrus, lavender, green tea, splash fruity,
sandal wood, dan hot/strong. Melalui beragam pilihan aroma, Fresh Care ingin
membidik pasar yang lebih luas sekaligus menjadikan produk minyak aromatherapy
sebagai bagian dari gaya hidup konsumen.
Langkah
kedua, perluasan merek dengan memperlebar segmen. Kali ini, yang disasar adalah
segmen remaja usia 12-20 tahun. Melalui Fresh Care Teen, dihadirkanlah
preferensi aroma yang disukai remaja, dengan tingkat kehangatan yang tidak
terlalu panas, seperti aroma happy cherry, passion fruit, hingga bubble gum.
Selain
itu, Fresh Care menjawab kebutuhan segmen remaja dengan membuat kemasan khusus
untuk Fresh Care Teen. Yaitu, melalui pouch aneka model yang disebut
fresholder. Pouch yang dikemas secara girly itu dapat digantungkan di tas para
remaja—yang sekarang ini tengah menjadi trend pada produk antiseptic pembersih
tangan.
Masih belum cukup, Fresh
Care kembali memperlebar segmennya ke pasar pria usia 20-40 tahun, dengan
menghadirkan Fresh Care Sport–yang notabene identik dengan pria. Kehadiran
Fresh Care di segmen pria dibuat lantaran saat ini pria Indonesia membutuhkan
produk-produk perawatan yang khusus untuk mereka. Terbukti, belakangan ini,
banyak merek meluncurkan varian yang khusus menggarap segmen pria. Sebut saja,
produk facial wash for man, deodorant
for man, hingga body wash for man.
Sejatinya,
upaya Fresh Care untuk terus memperluas mereknya adalah untuk mengepung
konsumen dari berbagai sisi. Dengan demikian, konsumen tak perlu melirik merek
lain dan memperkecil kesempatan konsumen untuk mengkonsumsi merek kompetitor.
Sukses perluasan merek yang
dilakukan Fresh Care juga didukung oleh inovasi marketing komunikasi. Fresh
Care merupakan merek minyak angin aromatherapy pertama yang berkampanye di
televisi, dengan Agnes Monica sebagai brand ambassador-nya.
Setelah sukses dengan Fresh Care, diluncurkanlah kampanye komunikasi Fresh Care
Teen, dengan brand ambassador Afgan yang sangat digandrungi remaja
Indonesia. Yang terbaru adalah Fresh Care Sport untuk menyasar pasar pria
Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar