Rabu, 23 Juli 2014

Trik Online....Behavioral Targeting

Oleh Nukman Luthfie

Marketing Sherpa merilis hasil survei akhir tahun 2007 mengenai online marketing. Lembaga riset top di bidang online marketing tersebut meriset taktik online terbaik dan terburuk versi online marketer sepanjang tahun 2007.
Hasilnya, antara lain, behavioral targeting merupakan taktik online yang dianggap paling jitu tahun lalu, dengan memberikan RoI (return on investment) paling tinggi diantara sekian banyak taktik yang digelar online marketer sepanjang tahun 2007.
Sebaliknya, taktik yang dianggap paling buruk, dengan RoI paling rendah adalah pop-up banner dan pop-under banner.
Yang menarik, behavioral targeting bukan hanya terpilih sebagai taktik yang paling jitu, secara prosentase pun bobotnya lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Ini berbeda dengan contextual targeting misalnya, yang meski di peringkat dua, namun prosetasenya turun dibanding tahun sebelumnya.
Detilnya silahkan lihat tabel di bawah ini:
Survei Taktik Online Paling Jitu 2007
Behavioral targeting adalah teknik yang biasa digunakan oleh pemilik situs (online publisher) maupun pemasang iklan untuk meningkatkan efektivitas kampanye/promo mereka. Berbeda dengan taktik online lain, taktik ini berlandaskan pada perilaku individual target audience dalam berselancar di Internet. Antara lain halaman web apa saja yang biasa mereka buka, kata kunci apa yang sering mereka cari, dan lainnya. Dengan memahami perilaku ini, pemilik situs atau pemasang iklan dapat menampilkan banner atau promo yang sesuai dengan karakter target audience.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar