Bekerja sama dengan 14 merchant terkemuka di tanah air, MasterCard
Indonesia dan Asosiasi
E-commerce Indonesia (idEA) hari ini meluncurkan program Pesta Belanja Online.
Program yang merupakan salah satu bentuk kegiatan dari kemitraan antara
MasterCard dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) akan berlangsung mulai
bulan Agustus 2014 hingga Januari 2015 dengan menyediakan berbagai penawaran
menarik bagi para pengguna kartu MasterCard.
Para pengguna kartu MasterCard dapat
berbelanja di 14 merchant yang berpartisipasi dalam program
tersebut yakni: Bhinneka.com, Saqina.com, Lazada.co.id, Floweradvisor.co.id,
Lojai.com, Livingsocial.co.id, Perkakasku.com, Tiket.com, Zalora.co.id,
Sukamart.com, Electronic-city.com, Happyholiday.travel, Groupon.co.id dan
Multipro.co.id. Dimana program yang ditawarkan beraneka-ragam setiap bulannya
sesuai dengan kategori merchant yang berpartisipasi. Contohnya potongan harga
(diskon) hingga 80% atau voucher hingga Rp. 200.000 untuk pembelanjaan selama
periode promosi.
E-commerce di Indonesia telah menjadi
salah satu industri dengan perkembangan yang cukup pesat. Tetapi, tidak diikuti
dengan pertumbuhan sistem pembayaran transaksi elektronik. Menurut MasterCard Online Shopping
Behavior Study, sistem konvensional seperti uang tunai masih mendominasi
sistem pembayaran online
shopping di Indonesia dengan
37.9% diikuti dengan transfer tunai antar bank dengan 27.5%.
Sementara itu menurut survei MasterCard
yang juga dilaksanakan di 14 negara Asia Pasifik, metode pembayaran yang nyaman
(92,6%), kecepatan transaksi (92,2%) dan fasilitas pembayaran yang aman (92%)
menjadi tiga faktor utama yang menentukan keputusan beli saat melakukan belanja
online. Karenanya penggunaan sistem pembayaran konvensional tentu tidak akan
menyediakan metode yang nyaman, cepat dan aman.
"Peluncuran Pesta Belanja Online hari
ini pun merupakan salah satu bentuk komitmen MasterCard untuk mengembangkan
potensi e-commerce di Indonesia. Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang
kuat serta kemitraan dengan bank-bank di tanah air, MasterCard selalu berusaha
memberikan solusi pembayaran elektronik yang cepat, aman dan nyaman hingga
keefektifan dan efisiensi yang ditawarkan online shopping dapat dirasakan
konsumen Indonesia serta berkontribusi terhadap program Bank Indonesia; Less cash society," ujar
Country Manager MasterCard Indonesia Irni Palar.
Menariknya, menurut MasterCard Online Shopping
Behavior Study, 83.9% dari masyarakat Indonesia memilih online shopping
karena adanya penawaran yang menarik. Termaksud dalam bentuk penawaran berupa
potongan harga langsung (diskon), undian berhadiah atau adanya pembebasan
ongkos kirim dari pihak penjual. Pertumbuhan kepercayaan orang terhadap online
shopping juga didukung dengan faktor eksternal dimana opportunity cost untuk mengganti tenaga dan waktu yang
hilang untuk keliling toko atau bbm yang dibakar saat macet-macetan di jalan
cenderung cukup tinggi dibandingkan dengan sumber daya yang dibutuhkan dikala
kita melakukan online shopping.
Menurut Daniel Tumiwa, selaku Ketua Umum
idEA, "Kegiatan promosi seperti ini tentunya berdampak positif bagi
industri karena berpotensi meningkatkan volume transaksi dari existing customer
maupun menjangkau pembeli baru lainnya. Kegiatan ini juga penting untuk semakin
membiasakan konsumen Indonesia dengan metode pembayaran yang nyaman di luar
transfer bank. Menurut riset kami beberapa waktu lalu, convenience menjadi
salah satu faktor penting dalam berbelanja online".
"Program ini merupakan dukungan
kepada pelaku usaha ecommerce dalam mengedukasi pelanggan dan calon pelanggan
di Indonesia akan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan berbelanja online dengan
menggunakan metode pembayaran online," sebut Johanes Chang, Country Head,
Living Social Indonesia yang juga merupakan salah satu anggota idEA.
"Sebagai pelaku usaha ecommerce, kami tentunya juga terbantu dalam
meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan apabila pembayarannya
dilakukan secara online; yang di antaranya adalah konfirmasi pembelian dan
pengiriman produk yang lebih cepat," tambahnya.
Ke depannya masih banyak program lainnya
yang akan diluncurkan oleh idEA dan MasterCard sebagai wujud komitmen bersama
untuk menjadikan e-commerce Indonesia sebagai pendukung percepatan laju
pertumbuhan ekonomi Indonesia.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar