Kamis, 24 Juli 2014

Brand Yang Cocok Beriklan Di Internet

Banyak orang berasumsi bahwa beriklan (placement) dan berkomunikasi dengan memanfaatkan media internet seperti membuat web site, viral, email blast dll, hanya pantas dilakukan oleh brand yang memiliki target audience dengan kelas social AB saja. Hal yang melandasi asumsi ini adalah karena rata rata orang Indonesia yang berinteraksi dengan internet adalah kelas social AB yang tinggal di kota besar.
Asumsi ini muncul karena secara tidak sadar kita mengkotakkan internet sebagai medium yang hanya bisa diakses oleh kelas tertentu sehingga hanya produk untuk kelas tertentu saja yang pas memanfaatkan medium ini untuk berkomunikasi.
Padahal, jika kita teliti lebih lanjut, brand yang target audiencenya mass atau masyarakat luas sangat cocok memanfaatkan medium ini. Pengkotakan kelas social target audience hanya ada di pemikiran para perancang strategi komunikasi. Kenyataan di market menunjukkan banyak barang yang di brand plan-nya ditargetkan pada kelas AB saja atau BC saja, namun pada kenyataannya dikonsumsi oleh masyarakat umum tanpa membedakan kelas sosial seperti mie instant, kacang, obat sakit kepala, shampoo, sabun , minuman ringan, kartu prabayar, pasta gigi dll.
Benarkah hanya kelas social C D saja yang mengkonsumsi Indomie atau Mie Sedap? Benarkah hanya orang desa saja yang mengkonsumsi Tolak Angin? Benarkah Kacang Atom Garuda hanya dikonsumsi kelas tertentu? Benarkah hanya kelas AB saja yang rumahnya memiliki TV dan kulkas? Apakah permen yang dijual di warung hanya dikonsumsi oleh masyarakat ‘kelas warungan’? Benarkah kartu seluler hanya dimiliki oleh kelas AB saja? Tukang ojek dan tukang becak saja sekarang pakai HP.
Inti dari marketing adalah mencapai awareness setinggi mungkin, lintas gender, lintas usia, lintas kelas social yang ujung ujungnya menciptakan sales sebesar besarnya. Selama ada medium yang efektif untuk meningkatkan awareness, manfaatkan sebaik mungkin. Tak perlu mengkotakkan brand Anda hanya untuk kelas tertentu saja. Tak perlu menganggap internet hanya cocok untuk brand kelas atas. Jika brand Anda potensi untuk dikonsumsi masyarakat umum, saatnya melirik internet sebagai medium komunikasi yang efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar