Rabu, 23 Juli 2014

Mengukur Engagement di Facebook?


Saat ini hampir semua brand masuk ke Facebook.  Facebook sebagai social media sangat populer di seluruh dunia. Tak heran bila banyak brand yang kemudian berlomba masuk ke sana, dan berharap bisa mendekatkan diri dan berinteraksi dengan target konsumennya.
Sayangnya, latah penggunaan Facebook tidak diiringi dengan pemahaman yang mendalam mengenai social media ini. Para pemilik merek sering gamang ketika menentukan tolok-ukur keberhasilan Facebook Page-nya.  Beberapa brand akhirnya menetapkan jumlah fans yang terkumpul di page-nya sebagai KPI keberhasilan.
Sebenarnya, banyak yang sudah mengerti bahwa di social media, terutama FB, isunya bukan hanya tentang jumlah tapi engagement.  Mereka paham, social media adalah komunikasi dua arah. Tapi, pertanyaan selanjutnya, bagaimana mengukur engagement FB? Bagaimana mengukur keberhasilan kalau tidak bisa dilaporkan dalam angka?
Persoalan ini menjadi isu besar, yang kemudian mengarahkan para pemilik brand mengambil jalan pintas: ya sudah pake jumlah fans saja.  Mereka tidak tahu lagi apa yang bisa dikuantifikasi. Sementara, tuntutan manajemen, yang namanya KPI haruslah kuantitatif.
Sebenarnya fitur terbaru Facebook Insight memberikan data yang lebih komprehensif untuk mengukur engagement para fans dengan Page.  Selain  bisa memberikan laporan berapa jumlah fans yang aktif per bulan, dari fitur  Facebook Insight jumlah interaksi di FB Page selama satu bulan juga bisa dilihat. Bahkan, lebih jauh lagi Facebook Insight bisa memberikan data aktual jumlah yang melihat setiap kali Anda meng-update status di page Anda. Hal-hal ini sebenarnya lebih valid untuk menghitung keberhasilan sebuah fans page, dibandingkan hanya sekedar jumlah fans.
Mengapa laporan FB Insight lebih valid ketimbang hanya sekedar jumlah fans? Karena kembali lagi ke konsep awal, Facebook adalah social media tempat brand bisa mengharapkan mendapat perhatian dan interaksi.  Jadi, jangan keburu merasa bangga bila Anda punya ratusan ribu fans; coba gali lebih mendalam berapa persen dari fans tersebut yang benar-benar berinteraksi dengan brand Anda. Jangan-jangan hanya kurang dari 10 persen dari jumlah total! Kalau begitu adanya, percuma saja ratusan ribu jumlah fans yang ada itu.
Sebagai pengelola social media terutama Facebook, Anda harus paham benar mengenai Facebook Insight karena sebenarnya di sanalah angka-angka yang lebih valid, dan bisa dianalisis untuk membuat asumsi. Karena dengan semakin banyaknya brand yang membuat fans page di Facebook, maka konsumen juga semakin banyak bergabung dengan page berbagai brand, tapi kebanyakan hanya menjadi anggota pasif. Mereka hanya menjadi anggota, tapi tak pernah mengikuti update dan berinteraksi dengan page tersebut.
Ini juga memberikan solusi bagi sistem pertanggungjawaban ke manajemen mengenai efektivitas kampanye social media. Anda bisa meyakinkan bahwa kuantitas saja tidak cukup, tapi harus juga dilihat dan segi kualitas engagement-nya. Dan, untuk manajemen yang menyukai data kuantitatif, serta demi sistem yang terukur, maka angka-angka di Facebook Insight bisa merefleksikan keadaan yang sebenarnya mengenai kualitas engagement brand dengan konsumen yang terkumpul di FB Page.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar